Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 25 Juni 2012

Cara Membuat Blog pada blogspot dengan Mudah dan Gratis Terbaru Tahun 2012

Cara membuat blog sudah sangat banyak diulas oleh para blogger  baik di situs berbahasa indonesia maupun situs berbahasa asing, Meski demikian saya juga akan berbagi kepada sahabat pembaca mengenai cara mudah bikin blog ini.

Tahun 2012 ini memang ada beberapa perubahan baik fitur maupun tampilan yang dimiliki oleh Produk Google, seperti halnya Gmail, Jejaring Sosial Google+, termasuk juga perubahan tampilan bloggernya. Untuk itu agar pembaca mudah memahami tutorial ini bisa lebih freindly saya akan menjelaskan cara membuat blog terbaru dengan sangat mudah. 

Menjadi Blogger Pemula seperti saya memang awalnya terasa sangat sulit untuk membuat blog, namun ternyata rasa ingin tau yang besar akan membantu memudahkan calon blogger untuk membuat blog.

Panduan Membuat Blog Gratis di Blogspot

Membuat Blog di Blogspot Gratis

Benar sekali untuk membuat blog di blogspot, kita tidak dikenakan biaya apapun, selain itu fitur di yang dimiliki blogger sangat mudah untuk dipahami, untuk seorang pemula yang ingin bikin blog tidak akan mengalami kesulitan yang berarti, tentu saja situs kita akan memiliki format domain seperti http://situsanda.blogspot.com 

Langkah Membuat Blog Gratis di Blogspot

1. Buat Email di Gmail

Gmail.com adalah produk Google , untuk membuat blog dari blogger sudah barang tentu Wajib memiliki akun Gmail, selain itu Google juga memberikan kemudahan-kemudahan bagi pemilik akun blogger dan Google+ untuk langsung Login dari Gmail.com ini. Jika belum memiliki akun Gmail silahkan daftarkan di www.gmail.com dan klik Create New Akun  pada bagian sudut kanan atas dan kemudian isikan semua data yang diperlukan termasuk juga Pasword anda.
2. Mendaftar di Blogger.com
Ini adalah langkah inti membuat blog gratis di blogspot, Masuk ke www.blogger.com dan Klik Sign Up atau Daftar dan isikan data yang dibutuhkan di Formulir Blogger.
Keterangan :

  • Email : isikan dengan alamat email Gmail yang baru anda daftarkan
  • Pasword : Masukkan Pasword anda minimal 8 karakter
  • Retype Pasword : Masukkan pasword yang sama sekali lagi, untuk memastikan anda mengingat dengan baik pasword tersebut.
  • Display Name : Masukkan nama yang ingin anda tampilkan sebagai penulis di blog, misalkan anda menggunakan nama "hadhara rizka" maka di artikel yang anda posting nanti akan muncul posted by hadhara rizka
  • Gender : Masukkan jenis kelamin anda, pilih Male = Jika Laki - laki, Female = Jika Perempuan, atau bisa pula memilih Other atau lainya
  • Birthday : Masukkan tanggal lahir anda sesuai dengan format yang diminta misalkan 07 desember 1991 maka dibuat 07/12/1991, jika di dalam Inggris strukturnya adalah Month/Day/Year (Bulan/Tanggal/Tahun) maka anda buat 12/02/1991
  • Word Verifications : Isikan dengan kode yang terdiri dari angka maupun huruf yang muncul di kotak dialog Gmail
  • Centang Accept the term of service, Saran saya baca dahulu persyaratan pendaftaran dengan baik
  • Klik Continue jika anda memutuskan untuk membuat blog

3. Membuat Blog

Nah, Akun blogger sobat sudah jadi, sekarang saat nya membuat blog. Klik "Blog Baru" pada bagian Kiri atas. dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Keterangan :

  • Pada Kolom "Title" Isikan Judul Blog yang sobat ingin buat, misalkan My Personal Blog, My Story atau apalah yang sobat inginkan
  • Pada kolom alamat isikan nama situs sobat, misalkan hadhara-personalblog.blogspot.com,  pilihlah alamat yang sesuai dengan nama dan tema blog dan cari yang simple saja agar mudah diingat 
  • Pilih Template yang sederhana saja, saya rekomendasikan pilih Awesome, karena lebih sederhana.
  • Blog Sobat sudah jadi, untuk mengecek coba ketikan alamat yang anda daftarkan tadi di url browser anda misalkan hadhara.blogspot.com (kalau tidak di cek juga tak masalah)

Selamat sekarang sobat sudah memiliki blog, dan sudah mulai bisa menulis apa yang ingin sahabat tulis dengan mengklik new post di halaman depan (dasbor) blog sobat.

Motivasi :
Jangan lelah untuk mencoba, karena setiap manusia telah diberikan jatah kegagalan. Tugas kita adalah secepat mungkin menghabiskan jatah gagal tersebut hingga keberhasilan akan diraih.
Terima kasih sudah membaca semoga anda tidak lagi mencari cara membuat blog setelah membaca tulisan ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blogger Gadgets