Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 10 Juni 2012

Membuat bangunan 3D untuk Google Earth menggunakan SketchUp

Hai teman-teman, lama gak posting tentang 3D nih. kali ini aku akan membicarakan tentang cara membuat bangunan 3D yang muncul pada layer 3D building di google earth .

Bagi yang belum memiliki google earth, silahkan download google earth klik di sini DOWNLOAD GOOGLE EARTH

Screenshot 3D buildings pada google earth seperti pada gambar di bawah ini. Aku ambil daerah Tugu muda, ada bangunan Tugu muda, Lawang Sewu, Museum Mandala Bhakti, Gedung pemerintah kota semarang.
#aku ambil daerah tersebut karena aku asli dari kota Semarang, sambil posting sambil promosi wisata kota.

Tampilan 3D buildings daerah Tugu muda semarang



Tampilan 3D building pagoda watugong, semarang
Pagoda di daerah watugong jalan perintis kemerdekaan semarang di atas adalah karya pertamaku untuk google earth, sampai tanggal postingan ini diterbitkan sedang proses verifikasi oleh google earth, tahap pertama model sudah lolos standard google earth. Bisa kalian lihat di sini Pagoda Avalokitesvara, Vihara Buddhagaya Watugong, Semarang

Cukup pembukaannya, sekarang kita masuk ke pembahasan.
Yang perlu kalian siapkan adalah
  1. Tentukan Bangunan yang akan kalian buat.
  2. Reverensi bangunan yang akan kalian buat, bisa berupa Lokasi, foto-foto atau data-data ukuran bangunan tersebut.
  3. Siapkan Google SketchUp 8 pro, jika belum punya silahkan download dulu. (maaf aku belum upload master Google SketchUp 8 pro) jadi silahkan googling dulu.
  4. Siapkan air putih satu botol ukuran 1500ml dan sedikit cemilan, perlu diingat jika kita berlama-lama duduk di depan komputer harus banyak minum dan kalo lapar makan cemilan gak ada salahnya. hehehe.
Sebelum memulai proses modelling pahami dulu syarat-syarat dari google agar model yang anda buat disetujui untuk dimuat ke google earth. klik link dibawan ini untuk membaca persyaratannya
Syarat agar model anda dimasukkan ke folder "3D Warehouse" di Google Earth



Saatnya memulai modelling :



1. Buka Google SketchUp, kemudian muculkan toolbar google & large tool set. caranya klik menu view, toolbars, beri tanda cek pada Large Tool Set dan Google. Akan muncul seperti gambar di bawah ini.


2. Ambil layout dari google earth, caranya klik icon add location
Akan muncul jendela seperti dibawah ini, kemudian carilah lokasi bangunan yang akan kalian buat. Zoom sedekat mungkin. (anda harus terhubung dengan internet)


3. Setelah kalian temukan lokasinya, lagsung aja klik tombol Select Region di pojok kanan atas. Lakukan penyesuaian ukuran, kemudian klik tombol Grab.


4. Untuk melihat posisi elevasi tanah (tinggi rendahnya permukaan tanah) klik icon toggle terrain, posisinya ada di sebelah add icon add location. Jika tidak diperlukan matikan saja toggle terrainnya.

5. Buatlah model sesuai dengan data-data yang kalian miliki. Jangan lupakan syarat-syarat yang sudah kalian baca, ingat-ingatlah, jangan terlalu banyak face, buatlah bangunan sesimpel mungkin, karena model akan di beri material menggunakan tekstur foto. Jadi seperti pintu, jendela gak perlu dibuat, cukup dindingnya saja.

6. Setelah model selesai, saatnya memberi material. Siapkan foto dari berbagai sudut pandang bangunan (kalian bisa cari menggunakan search engine google atau dengan foto hasil jepretan kalian sendiri, tapi jangan lupa, resolusi diperkecil dulu)

7. Cara memberi materialnya :
kali ini aku berikan ilustrasi menggunakan bangunan super simpel. hehehe.
a. klik file, import, kemudian pilih file foto yang akan kalian gunakan untuk tekstur,setelah itu pada bagian kanan pilih "Use as texture", open.


b. Pasang foto pada salah satu face di bangunan anda seperti pada gambar dibawah ini.


c. Setelah terpasang, select face, klik kanan, texture, position. Maka akan muncul seperti gambar dibawah, kemudian letakkan pin berwarna kuning pada ujung-ujung bangunan pada foto. caranya klik pin, kemudian klik pada ujung bangunan.

d. Tarik pin ke ujung-ujung model anda, dengan cara men-drag pin berwarna kuning. sampai posisinya seperti gambar dibawah.

e. Setelah itu klik kanan, done. Lakukan hal yang sama untuk seluruh permukaan bangunan. Hasilnya kurang lebih seperti ini.

Selesai sudah bangunan untuk google earth. Eits... jangan senang dulu, masih ingat kan syarat "bangunan tidak boleh melayang". Cek dulu apakah banguan yang kalian buat tidak melayang, caranya aktifkan icon "toggle terrain" seperti yang aku bahas di atas tadi.

Capek juga ngetiknya, hehehe.
sedikit kata dariku,
buatlah sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, jika bisa berikan secara gratis.
salah satunya memberikan informasi kepada orang lain tentang bentuk bangunan yang sedang kita bahas ini. ya... salah satu bentuk beramal, selama informasi yang kita sampaikan bermanfaat bagi orang lain, Insyaallah kita mendapatkan balasan dari-Nya.

#cara ngomongnya uda kaya orang yang bener aja... hahahaha

Lanjutin lagi ke tutorialnya.
Setelah kalian cek bangunan terhadap permukaan tanah, dan ternyata oh ternyata bangunanmu mengambang atau tenggelam di dalam tanah, jangan bingung dulu.
Caranya sangat mudah, tinggal geser bangunanmu ke arah vertikal atau horizontal sampai pas, jika masih ada sisi yang menggantung, tambahkan saja face sehingga bangunanmu terlihat di atas timbunan. seperti gambar dibawah ini.


Agar warna timbunan sama dengan permukaan tanah, gunakan fasilitas paint bucket, pilih sample paint, kemudian klik pada permukaan tanah yang kita ambil menggunakan add location. setelah itu warnakan pada tanah timbunan, maka hasilnya seperti pada gambar dibawah ini.

Selesai sudah modellingnya, model siap di publikasikan di google earth.
Untuk preview sebelum di upload ke 3D warehouse, kalian bisa simulasikan bangunan yang sudah di buat ke google earth yang ada di komputer kalian. caranya mudah buka link di bawah ini.
Cara preview model 3D SketchUp di google earth

Demikian tutorial yang aku buat, semoga bermanfaat bagi semua orang, mohon maaf jika terjadi salah ketik. hehehe

happy blogging and happy modelling

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blogger Gadgets