Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 29 Juni 2012

TIPS AUTOCAD: SKALA PLOT / PRINT PADA TAB MODEL

SKALA PLOT / PRINT PADA TAB MODEL





 
Banyak dari mereka yang menggunakan autoCAD masih bingung bagaimana mencetak atau memplot gambar yang sudah selesai dikerjakan pada kertas gambar ukuran A4, A3, atau ukuran kertas yang lain. Hal ini disebabkan gambar yang dicetak harus memiliki skala tertentu khususnya untuk gambar-gambar teknik. Beda jika gambar itu hanya untuk presentasi atau untuk melihat hasil sementara saja, maka tidak perlu menyesuaikan skala gambar.
Bagi mereka yang pernah kursus ataupun belajar sendiri, pada waktu pertama kali menggambar pasti diberitahukan bahwa menggambar di AutoCAD sebaiknya menggunakan ukuran yang sebenarnya / yang asli. Ini dimaksudkan agar kita lebih mudah dan lebih cepat dalam menggambar dibandingkan cara manual. Bisa saja kita menggambar di AutoCAD dengan cara memasukkan ukuran yang dihitung skalanya seperti cara manual, namun ini tidak efektif terlebih pada skala gambar yang bukan kelipatan 10 seperti 1:25, 1:75, dan sebagainya. Nanti pada saat akan mencetak gambar, barulah ditentukan perbandingan skala yang sesuai dengan kertas dan kebutuhan tampilan gambar.
Misalnya ukuran objek 30 x 30 cm, maka pada AutoCAD digambar juga dengan ukuran 30 x 30, ukuran panjang ruang 3 meter maka digambar harus dijadikan satuan centimeter yaitu 300 cm. Artinya di sini kita harus konsisten dalam menggunakan satuan ukuran karena autoCAD pada dasarnya tidak berpatokan pada satuan tertentu. Garis yang panjangnya 1 unit (dibaca: yunit) bisa dianggap 1 meter, 1 cm, atau bahkan 1 km oleh penggambar, tergantung dari konteks gambar secara keseluruhan dimana ukuran garis yang lain juga dihitung dalam satuan yang sama berdasarkan ukuran objek yang sebenarnya.
Permasalahannya kita tidak mungkin mencetak gambar yang ukurannya 1 meter di kertas A3 yang ukurannya hanya 0,42 m x 0,297 m. Untuk itu gambar harus dicetak dengan perbandingan atau skala tertentu yang standar seperti 1:100, 1:50, atau 1:200, dimana skala yang dipilih harus bisa menampilkan seluruh gambar yang dipilih pada kertas. Sekedar mengingatkan bahwa skala 1: 100 artinya 1 cm di kertas mewakili 100 cm atau 1 meter ukuran objek yang sebenarnya.
Untuk keperluan cetak-mencetak ini AutoCAD sudah menyediakan jendela atau tab khususnya yaitu tab Layout yaitu dengan mengklik di samping tab Model. Namun pada postingan kali ini saya hanya akan membahas bagaimana cara mencetak gambar langsung pada tab model saja. Jika ada kesempatan, pada postingan berikutnya nanti akan saya bahas lebih lanjut bagaimana mencetak gambar dari tab layout.
Adapun langkah-langkah untuk mencetak gambar pada autoCAD langsung dari tab model adalah sebagai berikut:
1.      Buatlah ukuran kertas (A3 / A4 / F4, dll) berupa kotak (sebagai batas kertas) dengan perintah rectangle  dengan ukuran sesuai dengan satuan yang digunakan pada gambar. Misalnya Anda menggunakan meter maka gambarlah kertas dengan satuan meter. Contoh kertas A3 digambar dengan ukuran 0.42 x 0.297 dalam satuan meter atau sesuaikan dengan ukuran kertas yang anda pakai (A1 / A4 / F4, dll).
2.      tentukan skala gambar yang akan digunakan. Dan jangan lupa sesuaikan posisi kertas, apakah berdiri (potrait) atau rebah (landscape). Caranya dengan memutar kotak kertas 90° dengan perintah rotate .
3.      jika anda akan mencetak gambar menggunakan skala 1:100 maka perbesarlah kotak kertas (ukuran asal) dengan perintah scale  sebesar 100 kali. Jika skala 1 : 50 perbesarlah 50 kali, demikian seterusnya.
4.      aturlah gambar dalam batas kertas dan sesuaikan ukuran teks, dimensinya, serta skala arsiran. Ingat jangan sampai gambar melewati batas kertas. Jika gambar tidak muat dalam batas kertas berarti Anda harus mencari skala yang sesuai dan ulangi langkah no. 3.
5.      untuk mencetak gambar bisa dimulai dengan perintah plot . Kemudian akan tampil kotak dialog seperti gambar di bawah ini:

6.      dalam kotak dialog di atas sebelum kita memplot ada beberapa hal yang perlu disetting. Pada bagian printer/plotter pilihlah jenis printer yang anda pakai dan sudah dihidupkan. Pada paper size carilah ukuran kertas yang dipakai. Pada plot area (what to plot) pilihlah window dan klik ujung kiri atas dan ujung kanan bawah batas kertas pada tab model. Pada plot scale di sini saya mengambil contoh skala 1 : 100 artinya 1 cm atau 10 mm mewakili 1 unit atau 1 meter (jika meter dijadikan satuan gambar pada tab model). AutoCAD menggunakan satuan mm atau inchi untuk ukuran kertas. Jadi skala pada pengaturan di kotak dialog tidak mengikuti perbandingan skala yang tertulis pada judul gambar tapi harus menyesuaikan dengan satuan ukuran gambar yang kita pakai.
7.      berikutnya adalah memilih portrait atau landscape pada drawing orientation. Agar pengaturan ini bisa dipakai lagi untuk mencetak gambar yang lain klik kotak centang save changes to layout pada plot option. Oh iya, kita bisa juga melakukan pengaturan seperti gambar kotak dialog di atas melalui perintah pagesetup.

 contoh area kertas gambar ukuran A3

NB: kotak warna merah merupakan batas tepi kertas dan tidak akan terlihat pada hasil cetakan karena kotak ini bisa kita taruh pada layer tersendiri yang sudah diatur agar tidak tercetak.

Demikianlah tips dari saya bagaimana mencetak gambar pada autoCAD langsung dari tab model. Namun kekurangannya adalah jika kita ingin mencetak beberapa gambar yang berbeda skalanya dalam satu kertas agak repot jika langsung dari tab model ini. Karena salah satu gambar harus di-scale agar sesuai dengan skala gambar yang lain, namun ukuran dimensi gambar yang di-scale tadi berubah dan tidak mencerminkan ukuran yang sebenarnya. Untuk mengakalinya, sebelum di-scale kita dapat meng-explode gambar tersebut sehingga tampilan ukuran dimensinya tidak berubah waktu di-scale.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blogger Gadgets