Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 31 Januari 2012

Aplikasi Facebook Chat-Pidgin

pidgin logo 
Pidgin ini merupakan salah satu aplikasi instant messenging yang cukup populer saat ini. Dengan menggunakan free chat client ini, kita bisa login chat ke beberapa account sekaligus dalam satu aplikasi, sehingga sangat memudahkan bagi yang memiliki beberapa account. Pidgin mendukung banyak protocol chat client seperti Yahoo!, Google Talk, AIM, MSN, dll. Seiring dengan bertambahnya kepopuleran Facebook, saat ini makin banyak yang menggunakan Facebook Chat untuk ber-messenging dengan teman-teman chatnya. Namun, Facebook sendiri belum menyediakan aplikasi khusus untuk chat client, belum seperti Yahoo! yang sudah sangat populer dengan Yahoo! Messengernya, sehingga hal tersebut sedikit menyulitkan karena masih integrated dengan situsnya dan juga belum adanya fitur save history atau archive /:).





Saat ini meskipun protocol Facebook belum terintegrasi didalam Pidgin, ternyata kita bisa menggunakan Pidgin sebagai aplikasi Facebook chat dengan tambahan plugin tentunya. Berikut ini sedikit langkahnya:

Setelah keduanya diinstall, jalankan Pidgin pilih menuAccounts – Manage Accounts lalu klik Add. Masukkan protocol Facebook dan login menggunakan account Facebook kamu. Berikut beberapa screenshot untuk previewnya ;).

pidgin budy list pidgin window

Untuk mengaktifkan fitur save history, Tools – Preferences – Logging kemudian aktifkan semua opsi yang ada. Kelebihan lainnya, kita bisa menggunakan beberapa smiley emoticon yang support Facebook yang sudah disediakan Pidgin.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blogger Gadgets