Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 14 Februari 2012

Cara Membuat Halaman Buku Bolak-balik pada Mocrosoft Word

Tips kali ini yang saya bagikan adalah bagaimana cara membuat halaman buku (halaman buku bolak-balik), sudah lama aku mencari tips ini dan akhirnya berhasil aku praktekkan. yang diperlukan hanya Microsoft Office Word dan sedikit kecerdasan anda, karena pertama kali aku bener-bener puyeng mempraktekkan cara ini.



Kenapa perlu bikin halaman buku bolak-balik? Hal ini dikarenakan supaya buku praktis dan tidak terlalu tebal.
Kenapa kebanyakan orang sekarang kok bikin bukunya tidak bolak-balik alias pake kertas polio panjang dan halaman belakangnya kosong ? jawabannya sangat simple, karena tidak semua orang bisa membuat buku bolak-balik.

cara membuat halaman bolak balik
Berikut adalah bagaimana cara membuat halaman buku dengan menggunakan microsoft Word



  • Jika anda menggunakan Microsoft Word 1997 -2003 : File – Page Setup – Margin : pada pilihan multiple pages, pilih bookfold.

  • Jika anda menggunakan Microsoft 2007 pilih Page Layout – Margin -Custom margin : pada pilihan multiple pages, pilih bookfold.


Setelah hal tersebut kita lakukan, tampilan di layar sudah sama dengan tampilan pada buku. Ketika kita mencetak, dengan jumlah halaman 16 misalnya, no hal 1 akan berpasangan dengan no halaman 16, 2 dengan 15 dst.

Yang perlu anda Ingat :

  • Usahakan halamannya merupakan kelipatan 4, agar tidak ada halaman kosong.

  • Pada waktu mencetaknya/memprint, agar halaman tercetak pada kertas bolak-balik, gunakan pilihan manual duplex. Caranya: tekan tombol Ctrl+P, lalu centang Manual Duplex (Yang dilingkari merah di bawah ini).


Semoga tips ini bisa bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blogger Gadgets