Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 11 Februari 2012

Desain Tipografi Huruf di Photoshop

 

Kebetulan di sekolah ada tugas membuat tipografi, jadi sekalian deh saya posting tutorialnya disini.. byar gag percuma nama Yogix Tutorial hehehe :lol: . bagi yang belum tahu apa itu tipografi, Tipografi itu adalah adalah suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.


 

Biklah untuk kali ini saya akan mencoba memberikan tutorialnya dmana saya menggunakan huruf Y tepatnya adalah logo Yogix Tutorial

Preview design

Sebelum

Yogix Tutorial

Sesudah

Tipografi Huruf


Sebelum memulai tutorial, perlu saya ingatkan kalau tutorial ini sebenarnya sangat mudah, karena kita hanya menggunakan Path Tool dan type tool saja. Tetapi meskipun mudah, kita hendaknya harus sabar dalam pembuatannya, karena kita harus mengatur susunan kata/kalimat satu persatu dalam layer yang berbeda. Dalam pembuatan tutorial ini sendiri saya menggunakan lebih dari 50 layer photoshop.


Bahan




Tutorial

  1. Buatlah dokumen baru dengan ukuran seperti gambar dibawah.


  2. Masukkanlah huruf Y

    Buka gambar Huruf Y yang bisa anda download di atas, lalu klik dan seret ke dokumen baru kita untuk memindahkan huruf Y ke dalam dokumen baru kita.




  • Setting Pen Tools.

    Untuk tutorial ini, kita belajar menggunakan Path. Cara mengaktifkan Path adalah dengan memilih Pen Tools (1), lalu pilih Paths di Option Bar Photoshop (2).

  • Membuat path

    Buat path mengikuti bentuk huruf Y tersebut. Untuk membuat path melengkung, klik dan tahan lalu seret mouse.



    Untuk menyempurnakan lengkung path, kita bisa menggunakan Direct Selection Tool.

  • Langkah 5 : Menambahkan teks pada gambar.

    Setelah path terbentuk, sekarang kita tambahkan kata/kalimat. Jadi, pilih Text Tool. Pilih jenis font menurut selera anda di Option Bar. Lalu klik pada path. Sehingga jika kita mengetik sebuah kata/kalimat, maka kata/kalimat tersebut akan mengikuti alur sesuai path yang kita buat.


  • Lakukan langkah 4 dan 5 secara berulang-ulang dalam layer baru, untuk mengisi pinggir dari huruf Y yang melengkung (Selalu biasakan untuk membuat layer baru dalam setiap elemen gambar di Photoshop untuk memudahkan pengeditan). Sehingga hasilnya akan seperti berikut.


  • Untuk memberi kesan yang lebih indah, ganti background menjadi hitam. Bisa dengan menggunakan fill atau gradient tool.

  • Sekarang tambahkan tulisan di bagian dalam sesuai dengan kreatifitas anda.

  • Sekarang hanya tinggal kreatifitas anda untuk mempercantik tampilan dari desain typografi kita, lakukan secara berulang dan secara detail tutorial berikut ini, untuk hasil desain anda bisa lihat gambar pada hasil desain dibawah ini.


 

Tipografi Huruf

Mohon maaf jika hasilnya tidak terlalu bagus, karena saya sendiri baru belajar, hehehe :D

SELAMAT MENCOBA



0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blogger Gadgets