Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 09 Juni 2012

7 Trik Mempercepat Browsing Internet

Sebuah keinginan yang pasti ketika kita menggunakan internet adalah cepatnya proses loading atau browsing kita. Tentu kita malas dan kecewa ketika membuka sebuah ahalaman blog atau website harus menunggu lama dan lama. Padahal informasi yang sudah kita klik ingin segera mengetahuinya. Sebuah kekecewaan yang akhirnya kita tidak jadi membuka halaman web tersebut.
Untuk mengatasi lambatnya proses browsing kita, paling tidak memberikan performa yang berbeda ketika kita menerapkan trik-trik berikut ini.
Trik Pertama
Hapus History / Riwayat Pada Browser
Dengan banyak Riwayat yang tersimpan dalam browser hal ini akan menambah beban browser untuk meload ulang semua yang pernah tersimpan. Al hasil makin lama juga ketika kita akan membuka sebuah halaman web.

Untuk browser Mozilla Firefox History / Riwayat bisa dihapus dengan cara klik pada menu Alat => Bersihkan Riwayat Terakhir kemudian pilihlah waktu terkahir riwayat yang akan di hapus. Lalu klik tombol Bersihakan

Trik Kedua
Hapus Semua Toolbar pada Browser

gambar di atas adalah contoh sebuah browser yang kebanyakan toolbar. tentu saja hal ini akan semakin memperlambat proses loading sebuah halaman di dalam browser. Untuk itu nonaktifkan atau buang saja toolbar yang terpasang, toh fungsinya kita jarang menggunakannya. Lebih baik bersih seperti ini :

tidak ada satupun toolbar yang terpasang. Dan rasakan perbedaannya.
Trik Ketiga
Hapus Semua Add-On / Pengaya
Ups... tidak semuanya karena pasti ada Add-on yang sangat vital seperti Shockwave Flash Object atau Add-on yang memang berfungsi sebagai penampil di halaman browser. Tentu saja kita seleksi mana Add-on yang benar-benar penting untuk browser kita. Jika dirasa kurang begitu penting maka Matikan saja atau Hapus dari Browser kita.

Trik Keempat
Hapus Bookmark / Markah Tidak Penting

Terlalu banyak markah / bookmark yang disimpan ternyata juga bisa menambah lambat aktifitas browsing kita. Untuk itu Simpan Bookmark yang paling penting atau memang menjadi Favorit kita.
Trik Kelima
Aturlah File-file Dalam Hard drive
Cara ini ternyata bisa memberikan performa yang positif dan bagus pada browser kita. Mengatur Hard drive yaitu dengan cara mendefragnya. Karena proses Defrag pada Hard Drive akan mengatur dan menyusun file-file yang ada di dalamnya menjadi rapi tidak terpencar-pencar. Apalagi ketika Space Hard Drive kita suangat besar 500 Gb atau mungkin 1 terabyte.

untuk lebih sempurna kita bisa mendefrag hard drive melalui Safe Mode => Disk Defrag
Trik Keenam
Update Browser Gunakan yang Tercepat
sebuah browser pastilah selalu ada update untuk menyempurnakan fungsinya. Maka pilihlah browser yang tercepat. Untuk saat ini Browser tercepat menurut survey adalah Chrome kemudian Firefox. Bisa juga kita gunakan Opera atau Internet Explore. Tergantung kesukaan kita. Namun silahkan bandingkan terlebih dahulu untuk mengetahui mana yang tercepat.
Trik Ketujuh
Pastikan Koneksi Internet kita Baik
Berbicara koneksi internet tentu saja menjadi faktor utama sebuah internet lambat atau cepat. Layanan yang kita gunakan juga akan berpengaruh terhadap kecepatan yang kita dapatkan. Untuk mengukur kecepatan internet yang kita gunakan bisa melalui website speedtest.net silahkan berkunjung dan ukurlah kecepatan internet kita.
Kalau hasilnya kurang maksimal yang kita cari layanan mana yang tercepat, dan tentu saja juga yang termurah. hehehe
Demikian beberapa trik sederhana untuk mempercepat aktifitas browsing kita di dunia maya. Apabila ada yang ingin menambahkan silahkan kasih komentar di bawah posting ini.
Semoga bermanfaat

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blogger Gadgets