Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 03 Juni 2012

Mengambil Peta Google Ukuran Bebas Dengan Mudah

Saat ini, peta yang disediakan oleh google maps maupun google earth sudah amat lengkap. Mulai dari peta jalan sampai tutupan lahan, dengan resolusi spasial yang ciamik telah tersedia dengan gratis. Namun, banyak pengguna yang ingin mengoleksi gambar (citra satelit) atau peta yang ada, agar mudah dipergunakan saat tidak terhubung dengan internet, atau sekedar untuk mempercantik aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) yang dibuat.
Selain itu, keberadaan peta google (yang telah dicapture) dapat dijadikan sebagai data awal survei pendahuluan pekerjaan pekerjaan pemetaan terestris.
Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan peta dimaksud, saat ini yang paling banyak digunakan adalah dengan memanfaatkan google earth cache. Penulis telah melakukan beberapa simulasi dan percobaan sederhana, sehingga sampai pada kesimpulan bahwa ada cara lain yang lebih mudah dan cepat. Yakni dengan menggunakan ScreenGrab extension for Firefox. Penggunaan aplikasi ini (dengan cara biasa) mengharuskan kita  untuk melakukan zooming maksimum pada peta yang akan diambil kemudian mengcapturenya. Cara ini hanya efisien jika luas peta yang akan dicapture kecil, lebih kecil dari ukuran layar monitor kita. Pertanyaannya, bagaimana jika kita ingin mengambil peta yang sangat luas? tentu kita harus melakukan capturing per “scene” kemudian melakukan mozaiking. Tentu langkah ini tidak efisian, sehingga perlu cara lain yang lebih mudah untuk mendapatkan peta/gambar dari google dengan ukuran bebas (kita tentukan sendiri “luas” area yang diinginkan).
Untuk itu, sebelum memulai kita harus menyiapkan beberapa tools, diantaranya
  1. Firefox Browser.
  2. ScreenGrab extension for Firefox : tool ini akan mengambil apa yang ada di layar kemudian menyimpannya dalam bentuk gambar (JPEG atau PNG)
  3. Notepad. Pasti anda sudah mengenal wordprocessor ringan ini kan?
  4. Tentu, kita harus terhubung dengan jaringan internet. Kalau tidak, bagaimana mungkin anda bisa membaca tulisan ini, :-)
Selanjutnya, bukalah firefox browser anda. Kemudian install ScreenGrab extention. Jika belum familiar, berikut langkah sederhananya.
  1. Klik TOOLS
  2. Klik ADD-ONS
  3. Di kotak search tulis ScreenGrab, enter
  4. Klik Add to firefox
  5. Lihat gambar
  6. Restart Firefox anda
Memasang Screen Grab di FireFox
Selanjutnya Langkah berikutnya adalah, buka google maps kemudian carilah lokasi yang ingin anda “rampas”. Sebagai contoh, penulis mengambil gambar ITS Surabaya, yang telah terlayani data geoeye-2 (resolusi spasialnya 41 cm).
Kita bisa memilih “layer” yang akan kita ambil, dalam hal ini penulis hanya mengambil “citra satelitnya” saja, untuk itu klik satellite (di kanan atas), kemudian remove (uncheck Show Labels nya). Zoom maksimum, agar resolusi spasial yang anda peroleh juga maksimum.
Langkah Kostumasi Area
Setelah sukses, kita lakukan kostumasi area yang akan kita ambil gambarnya. Klik LINK (pojok kanan atas). Kemudian pilihlah Costumize and embeded Maps. Akan muncul window baru (lihat gambar), pilih costumize dan ukuran petanya. Dalam hal ini, karena ITS luas, maka saya membutuhkan 4000 kali 7000 pixels!.

Lakukan Kostumasi Ukuran Peta
Berikutnya, copy  kode html yang ada

Kode HTML
Buka notepad anda kemudian paste di sana. Simpan dengan nama petaITS.html.

Paste Kode di NOTEPAD
Sudah selesai? belum :-)
Setelah itu, buka file html yang telah dibuat (klik file petaITS.html), dengan firefox tentunya.

Ambil Gambarnya!
Pilih Save -> complete page/frame, kemudian simpan filenya dalam jpg atau png.
Akhirnya selesai, buka file jpg anda, hasilnya dapat dilihat di sini. Ukuran pixel 4000 kali 7000 (5,6Mb)
Bacaan :
http://www.dq.winsila.com/tips-tricks/how-to-capture-large-maps-from-google-maps.html
Inspirasi:
field camp 2011 angkatan pertama
Versi PDF di Open Content of ITS

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blogger Gadgets