Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 21 Juni 2012

Menonjolkan Warna Foto yang Seharusnya Menggunakan Photoshop

Menonjolkan Warna Foto yang Seharusnya Menggunakan Photoshop

Menemukan Action yang benar-benar sesuai dengan keinginan itu terkadang bukan perkara mudah. Mungkin Anda ingin color tone yang biasa saja, yang tidak terlalu memberikan efek berlebih atau merujuk pada satu tema tertentu. Ya, dalam tutorial kali ini akan membahas bagaimana cara mengedit foto dengan menonjolkan warna yang tidak tertangkap kamera. Melalui Adobe Photoshop CS3, foto yang terlihat kusam ketika dipindah dari kamera ke computer, akan tampak seperti aslinya.

  1. Langkah pertama persiapkan foto sesuai keinginan. Buka foto pilih File > Open> pilih foto yang ingin diedit.

    Open File

  2. Pada kesempatan kali ini, foto yang akan digunakan adalah foto dengan pencahayaan di siang hari, di mana matahari terlihat kuning-kuningnya. Hal ini tentu berdampak pada benda-benda yang memantulkan cahayanya. Salah satunya adalah tanaman. Buat layer baru di atas layer foto/background dan tuangkan warna kuning dengan menggunakan Paint Bucket Tool.

    Tampilan Warna Kuning

  3. Ubah mode layer warna kuning menjadi Multiply.

    Tampilan Multiply

  4. Atur jumlah warna yang ingin ditampilkan pada Opacity. Pastikan warnanya tidak terlalu kuning atau malah tidak berwarna (persis seperti sebelum diedit).

    Pengaturan Opacity

  5. Bila sudah mencapai tone warna yang terlihat sewajarnya, satukan layer Layer > Merge Layers atau tekan Ctrl + E dan pertegas kembali warnanya Image > Adjustments > Curve atau tekan Ctrl + M.

    Tampilan Curves

  6. Save as sebagai file baru dengan format .JPG.

    Tampilan Hasil Akhir

Note: FYI, warna kuning selalu berhasil diterapkan pada pencahayaan kapanpun, selama tidak malam hari. Sesuaikan kuantitas warna yang akan dituangkan dengan lokasi (pegunungan atau pantai) dan kondisi saat foto diambil. Pagi hari biasanya lebih putih dan sedikit kuning, siang hari warna kuning lebih mendominasi, sedikit putih dan merah juga membantu, sedangkan sore hari bernuansa kuning yang ke-oranye-an atau kuning tua  dan semakin malam nuansanya semakin ‘dingin’.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blogger Gadgets