Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 09 Juni 2012

PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

Beberapa kegiatan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan melalui beberapa hal yaitu : Kegiatan Pembelajaran, Pengembangan Budaya Sekolah dan Pusat Kegiatan Belajar, dan Kegiatan Kurikuler dan atau Ekstrakurikuler.

Pada Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan pendekatan kontekstual, mengaitkan materi dengan kondisi dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kontekstual ini mencakup bebrapa setrategi misalnya : pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran kooperatif,

pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran pelayanan, dan pembelajaran berbasis kerja.

Sedangkan pengembangan budaya sekolah dan kegiatan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan  rutin, sepontan, keteladanan dan pengkondisian. Contoh kegiatan rutin : upacara setiap hari senin dan hari besar kenegaraan, pemeriksaan kebersihan badan, piket kelas, shalat berjamaah, berbaris ketika masuk kelas, berdoa sebelumdan sesudah pelajaran, dan mengucapkan salam ketika bertemu guru, tenaga pendidik, dan teman. 

Contoh kegiatan spontan : mengumpulkan sumbangan ketika ada teman terkena musibah, atau sumbangan ke masyarakat yang tertimpa bencana. Contoh keteladanan : nilai disiplin, kebersihan dan kerapihan, kasih sayang, sopan santun, perhatian, jujur dan kerja keras. Contoh pengkondisian : kondisi toilet yang selalu bersih, tempat sampah, halaman hijau dengan pepohonan, poster kata-kata bijak yang terpajang.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blogger Gadgets