Keunggulan WordPress – Mengapa Mesti WordPress?

March 30, 2010 — WordPress adalah platform blog terbaik yang pernah ada, dan yang paling populer saat ini. Keunggulan-keunggulan wordpress bukan hanya karena kemudahan dalam pengelolaannya, namun juga karena didukung oleh banyak perusahaan besar dalam bentuk layanan dan juga pengembangannya.. Keunggulan WordPress – Mengapa Mesti WordPress? diulas oleh shaquille pada March 30, 2010. Berikut ulasan selengkapnya. 4.9

Jika seseorang bertanya kepada saya, apa platform yang terbaik untuk blogger pemula? Maka saya akan menjawab: WordPress!. Jika ditanya pula, apa platform terbaik untuk blogger dengan tingkat yang lebih expert? Maka saya pun akan menjawab dengan jawaban yang sama, yakni WordPress!

Mengapa mesti WordPress? WordPress adalah platform blog terbaik yang pernah ada, serta yang paling populer saat ini. Keunggulan-keunggulan wordpress bukan hanya karena kemudahan dalam pengelolaannya saja, namun juga karena didukung oleh banyak perusahaan besar dalam bentuk layanan (service) dan juga pengembangannya.

Berikut ini akan diulas beberapa keunggulan dari WordPress dilihat dari tingkat kemahiran penggunanya:

 

Keunggulan WordPress untuk pemula

  1. Mudah untuk memilikinya

    Bagi pengguna pemula, mereka dapat dengan mudah untuk memiliki blog berbasis wordpress baik itu dengan cara mendaftar akun di WordPress.com, maupun menginstallnya sendiri di server dengan menggunakan software WordPress yang bisa diunduh di WordPress.org

  2. Multi Bahasa

    Pengguna WordPress dapat memilih bahasa untuk platform blog mereka, karena WordPress telah menyediakan berbagai macam bahasa untuk memudahkan penggunanya dan tentunya sudah termasuk bahasa Indonesia, disamping pula bahasa jowo dan juga sunda.

  3. Tampilannya ramah pengguna

    Tampilan ruang untuk admin (panel admin) mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh pengguna awam sekalipun. Pengguna dapat dengan bebas “mengutak-atik” panel admin tanpa perlu khawatir merusak blog mereka.

  4. Instant dan Praktis

    Pengguna pemula yang sudah memiliki akun di WordPress.com dapat langsung menulis sebagai kegiatan blogging mereka tanpa perlu mengatur hal-hal yang rumit baik dari segi pengaturan permalink, mengedit tema (theme), maupun kustomisasi tingkat lanjut.

  5. Plugin dan Theme (tema/tampilan)

    Plugin dan tema merupakan hal yang sangat penting dan mau tak mau setiap pengguna akan menggunakannya. Dan inilah kehebatan WordPress. Karena berbasis opensource, maka banyak orang mengembangkan plugin maupun tema yang dapat kita install secara gratis (beberapa berbayar). Saat ini terdapat ribuan plugin dan tema yang dapat kita unduh dan kita install. Kemudahan lainnya dari WordPress adalah pengguna awam sangat terbantu dengan WordPress versi 2.7 ke atas, karena pengguna dapat langsung menginstall plugin maupun tema langsung dari panel admin, tanpa harus masuk ke kontrol panel hosting.

  6. Keunggulan lain

    Keunggulan maupun kehebatan WordPress, khususnya blog WordPress.com dapat anda baca di tulisan yang telah lalu yang berjudul Potensi Besar Blog WordPress.Com yang Jarang Diketahui Penggunanya. Di situ dijelaskan secara mendetail tentang kehebatan wordpress.com yang sering diabaikan oleh orang-orang pada umumnya, namun pada hakikatnya mereka tidak mengetahui kehebatan di balik potensi tersebut.

Keunggulan WordPress untuk pengguna tingkat lanjut

  1. Open Source

    WordPress adalah berbasis open source, dimana software blog wordpress boleh dikembangkan oleh siapa saja, tak terbatas oleh pengembang (developer) resminya. Hal ini menyebabkan wordpress banyak diminati oleh para pengembang web baik yang bertujuan untuk bisnis maupun kesenangan semata.

  2. Kustomisasi

    WordPress memiliki keunggulan dalam hal Content Management System (CMS). Hal ini memudahkan pengguna untuk menambahkan dan mengubah isi dari situs maupun blog, sesuai kebutuhan. Contohnya? Seperti halnya merakit mobil, wordpress bisa dibentuk sesuai selera baik sebagai situs E-comerce, portal berita, toko online, maupun layaknya twitter.

  3. Ramah mesih pencari (Search engine friendly)

    WordPress memiliki struktur dan sistem yang mudah dikenali oeh mesin pencari seperti Google dan Yahoo. Kehebatannya inilah yang diakui oleh Matt Cutts, seorang software engineer dari google melalui presentasinya yang berjudul “WordPress blogging platform“. Berikut adalah cuplikannya:

  4. Dukungan komunitas

    Pihak pengembang resmi WordPress selalu mengadakan acara WordCamp, yang merupakan ajang kopi darat berkumpulnya para penggiat WordPress dari berbagai belahan dunia. Dukungan komunitas semacam ini memberikan kemudahan tersendiri bagi para penggunanya maupun pengembangnya untuk bersama-sama menciptakan kegiatan blogging yang nyaman dan eksklusif. WTF.

  5. Riset dan Pengembangan Berkelanjutan

    WordPress melakukan pengembangan terus menerus untuk mencapai kesempurnaan yang dilakukan oleh para pengembangnya. Hal inilah yang menyebabkan WordPress menjadi platform blog terbaik yang pernah ada, yang paling populer, paling dinamis, paling aman (???), dan tentunya paling mengerti keinginan penggunanya.

Pranala Luar: